Tentang Musik Rock


ROCK DAN BEBERAPA JENISNYA…….

ROCK

Musik rock adalah sejenis musik yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50-an. Awalnya berasal dari rythim dan blues, musik country dari tahun40 dan 50-an serta bebagai pengaruh lainnya. Bunyi khas dari musik rock sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan penggunakan back beat yang sangat kentara pada rhytim section dengan gitas bass listrik engan drum, dan keyboard seperti organ, piano atau sejak 70-an, synthesizerz.

Pada akhir tahun 60-an dan awal 70-an, musik rock berkembang menjadi beberapa jenis. Yang bercampur dengan musik folk (musik daerah di amerika) menjadi folk rock, dengan blues menjadi blues-rock dan dengan jazz, menjadi jazz-rock fusion. Pada tahun 70-an, rock menggabungkan pengaruh dari soul, funk, dan musik latin. Juga di tahun 70-an, rock berkembang menjadi berbagai sub-genre seperti soft rock, glam rock, heavy metal, hard rock, profressive rock, dan punk rock. Sub kategori rock yang mencuat tahun 80-an termasuk hardcore punk dan alternative rock. Pada tahun 90-an terdapat grunge, britpop, indie rock dan nu metal. Dan pada tahun 2000-an terdapat genre emo.

Wah ternyata banyak juga ya…..sub-genre dari musik rock…..dan ini kilasan untuk beberapa sub-genre dari musik rock….

ALTERNATIVE ROCK

Alternative rock adalah genre musik rock yang muncul pada tahun 1980-an dan menjadi sangat populer di tahun 1990. Nama “alternative” ditemukan pada tahun 1980 untuk mendeskripsikan band-band punk-rock yang tidak sesuai dengan aliran musik punk rock pada masanya. Sebagai jenis musik yang spesifik, rock alternatif mempunyai sub-genre yang bervariasi, dari musik indie yang bermulai pada tahun1980 dan menjadi populer pada tahun 1990; sepertin indie rock, grunge, gothic rock, dan college rock. Aliran-aliran tersebut terkonsolidasi dengan ciri khasnya masing-masing.

Sebelum dikenal sebagai musik rock alternatif, aliran ini mempunyai banyak variasi nama yang umum digunakan. Pada tahun 1980an di Amerika Serikat, istilah yang umum digunakan adalah college rock (rock universitas). Istilah ini digunakan karean banyak mahassiwa yang menyukai aliran musik jenis ini pada zamannya. Di Inggris, istilah yang biasa di gunakan adalah indie. Walaupun begitu, pada tahun 1985, istilah indie digunakan untuk menyebut sub-aliran dari alternatif, bukan sekedar penggantian istilah.

PUNK ROCK

Punk rock adalah gerakan musik rock anti-establisment yang berasal dari Amerika Serikat, Australia, dan Inggris sekitar tahun 1974-1975, di pelopori oleh kelompok-kelompok seperti Ramones, Sex Pistols, The Damned, dan The Clash. Kelompok punk sering meniru struktur sederhana seperti musik garage rock dari tahun 1960-an. Biasanya mereka terdiri dari satu drum kit, satu atau dua electric guitar, satu electric bass, dan vokal. Drum biasanya hanya memiliki satu snare drum, satu tom, satu bass drum, hi-hats, satu atau dua crash symbal dan satu ride cymbal.

GOTHIC METAL

Gothic metal adalah sejenis musik metal yang biasanya (namun tidak selalu) memakai dua orang vokalis. Pertama vokal wanita dengan suara soprani, lalu vokal kedua adalah vokal pria dengan gaya vokal dari musik black atau death metal (sehingga gaya vokal seperti itu banyak disebut sebagai vokal ‘Beauty and the Beast’). Lirik-liriknya kebanyakan bernuansa kegelapan dan kemuraman. Aliran musik ini paling populer di Eropa, meskipun jumlah penggemar mainstream (kalangan umum) tidak banyak.

SCREAMO

Berawal dari aliran emo (emotive hardcore) yang muncul era 90-an. Emo sendiri suka di plesetkan menjadi ‘emotional’ karena karakteristik vokal yang sangat emotional. Pada mulanya di pelopori oleh My Chemical Romance dan The Used, dengan ketukan mirip punk namun lebih mengutamakan keselarasan oktaf gitar dan vokal yang berteriak.

Seiring berjalannya waktu, tepat di awal tahun 2000, muncul aliran turunan emo yang di sebut screamo. Screamo sendiri di pelopori oleh Alesana dan sejenisnya. Ciri khas screamo adalah stem gitar drop D dengan distorsi halus (biasanya di campur flanger dan delay), dengan sentuhan sedikit suara clean dan vokal scream datar. Biasanya lagu-lagu screamo bertemakan cinta dan persahabatan. Belakangan ini, screamo dianggap cabang dari metal padahal sebenarnya turunan dari emo. Oleh beberapa komunitas anak metal sendiri suka mengecap sebelah mata dengan permainan screamo yang acap kali di anggap “tanggung”.

THRASH METAL (UNDERGROUND)

Thrash metal adalah sebuah Extreme metal subgenre dari heavy metal yang berciri memiliki tempo yang cepat dan agresif. Lagu-lagu thrash metal biasanya menggunakan stem gitar nada rendah dan perkusi yang cepat. Lirik-lirik thrash metal sering mengangkat tema masalah-masalah sosial menggunakan bahasa yang kasar dan mendalam, sebuah pendekaran yang mirip dengan genre hardcore. Asal muasal thrash metal secara umum di jejaki pada akhir tahun 1970-an dan awal tahun 1980-an, ketika beberapa band mulai menggabungkan sound dari New Wafe of British Heavy Metal (NWOBHM) , menciptakan sebuah genre baru dan mengembangkan kedalam gerakan yang terpisah sendiri dari punk rock dan hardcore. Genre ini lebih agresif. Sering kali dicampurkan dari kategori metal yang satu dengan metal yang lain, dan juga beberapa band ada yang menggabungkan pengaruh musikal dari genre non-metal.

SPEED METAL

Speed metal adalah genre musik yang muncul di akhir tahun 1970-an dan merupakan pendahulu thrash metal. Musik ini adalah versi lebih cepat dari musik yang dimainkan oleh Black Sabbath, Led Zeppelin, dan Deep Purple. Banyak band speed metal juga dapat di sebut band thrash dan power metal.

Beberapa contoh awal adalah lagi-lagu “Highway Star” dan “Speed King” oleh Deep Purple dan “Paranoid” oleh Black Sabbath.

Baru pada tahun 80-an speed metal benar-benar berjaya dengan munculnya Iron Maiden dan Judas Priest musik speed metal benar-benar merajai dunia dengan banyaknya band-band yang mengekor maka semakin beragam pula musik speed metal contoh band yang memainkan speed metal ada Metallica di awal karir mereka, testament, exodust, dll.

Pertengahan tahun 90-an musik metal benar-benar tenggelam dengan banyaknya band-band alternative, hip-metal dan nu-metal tapi pada tahun 2000-an speed metal dan genre metal lainnya mulai bangkit. Dengan munculnya Dragon Force yang fenomenal maka semakin kuatlah posisi speed metal sebagai musik metal murni.

PROGRESSIVE ROCK

Progressive rock atau sering disingkat prog adalah jenis musik yang mulai berkembang pada akhir dekade 60-an dan mencapai masa jayanya di tahun 70-an, menggabungkan elemen-elemen dari rock, jazz dan musik klasik. Kadang pengaruh blues dan musik tradisional juga terasa.

Berawal dari eksperimental musisi rock saat itu, di inspirasi The Beatles dan The Beach Boys mereka mulai menggabungkan musik tradisional, musik klasik dan jazz kedalam komposisi mereka. Beberapa band progressive rock terkemuka adalah Genesis, King Crimson, dan Pink Ployd dari sekitar tahun 1969, Rush dari tahun 70-an dan Dream Theater dari 80-an.

Seperti halnya aliran-aliran musik yang lain, adalah sangat sulit untuk mendefinisikan musik progresif secara tepat. Karean ainilah terdapat banyak perdebatan mengenai apakah satu kelompok musik prog atau tidak. Namun ada beberapa ciri khas musik prog yang biasanya dapat ditemui dalam karya-karya musik prog. Di antaranya adalah ritme yang tidak konvesional (bukan 4/4 atau sinkopasi), penguasaan alat musik yang mahir dengan permainan solo yang rumit, dan lagu-lagu yang panjangnya melebihi normal (lebih dari 5 menit, biasanya sekitar 21-20 menit atau bahkan lebih panjang).

NU METAL (HIP ROCK)

Nu metal (disebut new metal/neo metal) adalah genre musik yang mirip musik grunge dan alternative metal dengan musik funk, hip-hop, dan subgenre heavy metal. Nu metal lahir pada pertengahan 1990-an, diperkenalkan oleh band Limp Bizkit dan Korn, namun istilah nu metal akrab pada awal era 200-an. Sekarang, band nu metal paling populer adalah Linkin Park. Musik Nu Metal yang menonjolkan banyak rap sering di sebut juga rapcore.

Maaf nich kalau memank masih ada yang kurang….pada dasarnya semua sub-genre musik rock itu saling berhubungan satu dengan yang lainnya……jadi musik loe termasuk dalam sub-genre rock yang mana????

Thanks to wikipedia….

//

~ oleh rockdreamer pada Mei 24, 2009.

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: